Breaking News

21 November 2021

Download Tema dan Logo Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Pedoman, Tema dan Logo Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 (HGN tahun 2021)Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan.  Sejak  masa  penjajahan,  guru  selalu  menanamkan  kesadaran  akan harga  diri  sebagai  bangsa  dan  menanamkan  semangat  nasionalisme  kepada peserta  didik  dan  masyarakat.  Pada  tahap  awal  kebangkitan nasional,  para  guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. 

 

Undang-undang  Nomor  14  Tahun  2005  tentang  Guru  dan  Dosen  menegaskan bahwa  guru  adalah  pendidik  profesional  dengan  tugas  utama mendidik,  mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.  Dengan  demikian,  guru  merupakan  salah  satu  faktor  yang  strategis dalam  menentukan  keberhasilan  pendidikan  yang  meletakkan  dasar  serta  turut mempersiapkan  pengembangan  potensi  peserta didik  untuk  masa  depan  bangsa.


Sebagai  penghormatan  kepada  guru,  pemerintah  Republik  Indonesia melalui Keputusan  Presiden  Nomor  78  Tahun  1994, menetapkan  tanggal  25  November selain  sebagai  HUT  PGRI  juga sebagai  Hari  Guru  Nasional. Untuk  memperingati momentum  yang  berharga  ini, Kementerian  Pendidikan, Kebudayaan,  Riset,  dan Teknologi telah memberikan berbagai apresiasi terhadap dedikasi guru. Salah satu bentuk penghargaan tersebut adalah dengan diselenggarakannya upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2021. 

 

Namun,  di  tengah  krisis  pandemi  Covid-19  yang  melanda  tanah  air  tahun  ini, upacara  bendera  peringatan  Hari  Guru  Nasional  Tahun  2021  diselenggarakan secara  minimalis  dan  terbatas dengan  tetap memperhatikan  protokol  kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah.


Pedoman, Tema dan Logo Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 (HGN tahun 2021)disampaikan Kemendikbud Ristek melalui Surat Edaran Nomor : 81555/MPK/TU.02.03/2021 tertanggal 19 November 2021 tentang Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021.

 

Dalam Surat Edaran tentang TemaLogo Dan Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 (HGN tahun 2021)disampaikan bahwa dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2021 di tengah masa pandemi Covid-19, kami memberitahukan kepada Saudara hal-hal sebagai berikut.

1. Upacara Bendera

a. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 pada tanggal 25 November 2021 pukul 08.00 WIB secara tatap muka terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara.

b. Instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri yang berada dalam wilayah zona aman dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 dan 2 diperkenankan untuk menyelenggarakan upacara bendera secara tatap muka minimalis dan terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah dan berpedoman pada ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (pedoman penyelenggaraan upacara terlampir).

Sedangkan untuk instansi dan satuan pendidikan di daerah yang berada dalam wilayah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan 4, diimbau untuk mengikuti jalannya upacara bendera melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI dan saluran TV Edukasi dari rumah/tempat tinggal masing-masing.

 

2. Tema dan Logo Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 (HGN tahun 2021)

Tema dan Logo Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 (HGN tahun 2021), adalah sebagai berikut

a. Tema Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 adalah “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.

b. Logo Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 adalah sebagai berikut.

 

Tema dan Logo Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021


c. Logo Hari Guru Nasional Tahun 2021 serta Sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dapat diunduh di laman www.kemdikbud.go.id.

d. Satuan pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri diimbau untuk turut memeriahkan peringatan Hari Guru Nasional 2021 melalui berbagai media publikasi cetak, elektronik, serta media sosial dengan menggunakan logo dan tema di atas.

e. Satuan pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri diimbau untuk mencantumkan tagar #BergerakDenganHati #DemiKemajuan dalam unggahan konten peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 di media sosial.

 

3. Ragam Aktivitas

Satuan pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri diimbau untuk menyelenggarakan aktivitas/kegiatan dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Guru Nasional Tahun 2021 secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid-19, mendorong pelibatan dan partisipasi publik, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

 

 

Susunan acara upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 adalah sebagai berikut.

- Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara;

- Pembina upacara tiba di tempat upacara;

- Penghormatan kepada pembina upacara;

- Laporan pemimpin upacara;

- Pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh korsik/paduan suara;

- Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara;

- Pembacaan naskah Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara;

- Pembacaan naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;

- Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lancana Karya Satya (jika ada);

- Menyanyikan lagu Hymne Guru;

- Amanat pembina upacara (Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi);

- Menyanyikan lagu Terima Kasih Guruku;

- Pembacaan do’a;

- Laporan pemimpin upacara;

- Penghormatan kepada pembina upacara;

- Pembina upacara meninggalkan mimbar upacara;

- Upacara selesai, barisan dibubarkan

 

Link download Surat Edaran Mendikbud tentang Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 (disini)

Link download Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 (disini)


Download Tema dan Logo Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021



Untuk mengunduh file diatas silakan klik dibawah ini;



Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang 
"Download Tema dan Logo Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Undangan Sosialisasi Teknis Penyusunan Proposal Bantuan Pokja Guru dan Tendik Tahun 2024 secara Online

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI