Breaking News

04 November 2019

Download Kisi-Kisi PAS Ganjil MI Kelas 6 Tahun Pelajaran 2019/2020

www.hanapibani.com

Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.


PAS (Penilaian Akhir Semester) istilah penilaian yg dilakukan di akhir semester setelah kegiatan pembelajaran selama 1 semester atau 6 bulan. Dulunya PAS dikenal dengan istilah ulangan semester. Namun PAS adalah istilah baru yang dipakai dalam kurikulum 2013 atau kurikulum Nasional di Indonesia saat ini. 

Banyak hal yang terjadi dan fenomena menarik jika kita mengamati kegiatan PAS tersebut.salah satunya adalah ekspresi para peserta didik dalam menjawab soal PAS yang diberikan oleh sekolah, namun tahukah kalian jika ekspresi itu muncul dari pengaruh siapa atau tidak siapanya mereka dalam mengahadapi PAS. 
Ada beberapa kesalahan peserta didik dalam menyikapi PAS,diantaranya: 
1. Belajarah hanya ketika menjelang hari-hari PAS berlansung
2. Berfikir untuk mencontek bukan untuk belajar
3. Mengejar Nilai tinggi tanpa mau berusaha
4. Kurang memiliki keyakinan dalam menjawab
5. Kurang punya motivasi dalam belajar
6. Terlalu sibuk dengan aktifitas selain belajar
7. Terlalu tergantung dengan peralatan elektronik (hp)
Sebenarnya sikap peserta didik tersebut bukan tanpa beralasan karena kurikulum dan pemerintah serta dengan kebijakan saat ini di indonesia masih memprioritaskan nilai adalah sebagai tolak ukur dalam kesuksesan sesorang sehingga ini berdampak pada munculnya kebiasaan siswa untuk mengejar nilai tinggi sekalipun itu dengan cara curang (potret serang Macheavelian).
Arah pendidikan akhirnya lebih kepada materialisme karena nilai adalah masih yang menjadi utama dibandingkan kejujuran. sehingga masih jauh dari harapan pendidikan nasional untuk mewujudkan generasi yang  ber karakter di era milenium atau mileneal saat ini.

Sebagai suatu bahan yang bisa kita bagikan untuk peserta didik agar bisa terfokus dalam menyiapkan diri dalam menghadapi PAS ini adalah KISI-KISI. Kisi-kisi bukanlah "Bocoran Soal", namun hanya gambaran umum mengenai soal.

Diantara  manfaat kisi-kisi tersebut adalah:
  1. Berguna bagi guru (pembuat soal) agar soal-soal yang dibuat bisa “menyentuh” seluruh poin yang dianggap penting dari pelajaran yang sudah diberikan dan tidak berat di satu topik saja.
  2. Sebagai standard dalam pembuatan soal. Kadang guru (pembuat soal) diharuskan membuat soal yang berbeda atau beragam agar tiap kelas yang sudah melaksanakan tes tidak memberikan bocoran kepada kelas lain. Agar soalnya berbeda dan tingkat kesulitannya tetap sama, biasanya guru membuat kisi-kisi terlebih dahulu, lalu membuat soal.
  3. Kisi-kisi yang tujuan sebenarnya untuk mempermudah guru membuat soal ini, terkadang diminta oleh siswa dengan tujuan mempermudah persiapan belajar. Sebagian besar guru dengan senang hati memberikan kisi-kisi karena itu memacu siswa untuk belajar dan membantu siswa mengenali poin penting dari bahan ajar yang sudah mereka berikan.

Pada kali ini kami akan membagikan Kisi-kisi PAS di Semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 untuk tingkat MI Kelas VI (enam). 

Kisi-kisi ini terdiri atas beberapa Mata Pelajaran yaitu;
1. Fikih
2. Akidah Akhlak
3. SKI
4. Qur'an Hadits
4. Bahasa Arab
5. Ilmu Pengetahuan Alam
6. Ilmu Pengetahuan Sosial


Untuk mengunduhnya silakan klik link dibawah ini;


Download Kisi-Kisi PAS Ganjil MI Kelas 6 Tahun Pelajaran 2019/2020

Demikian sedikit informasi yang dapat kami berikan.
Yuk kita sama-sama menanam kebaikan dengan bagikan artikel ini kepada Sobat-sobat kita, siapa tahu diantaranya ada seoarng guru yang lagi membutuhkan, siapa tahu ada orang tua yang lagi membimbing anaknya dalam belajar, siapa tahu juga ada siswa yang lagi mencoba belajar sendiri untuk menghadapi Ujian Akhir bagi mereka.
Moga sekecil apapun usaha kita ada nilainya disisi Allaah SWT.
Aamiin.....
Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

Pendaftaran CPNS 2019 Tinggal Sebentar, Ini Formasi yang Sepi Pendaftar, Apa Saja?

Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 telah diserbu oleh ribuan pendaftar. Pembukaan pendaftaran CPNS 2019 telah ditung...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI