Breaking News

30 November 2021

Kemenag Siapkan Piloting PPG Prajabatan


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani. 

Tangerang - Kementerian Agama terus berupaya agar pelaksanaan seleksi akademik Pendidikan Profesi Guru (PPG) madrasah dalam Jabatan dan PPG Prajabatan  dapat berjalan maksimal dengan jumlah kelulusan  maksimal. Akan tetapi  dari hasil evaluasi pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan (daljab), Hasilnya, masih banyak guru yang tidak mampu menyelesaikan pendidikan profesinya, hal ini disampaikan Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI),  Amrullah saat membersamai kegiatan Review Soal UKMPPG (Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru) guru Madrasah (Angkatan II) di Tangerang, Senin (22/11/2021).

Menurut Amrullah  hal ini sebagai indikasi masih lemahnya kualitas kompetensi profesional yang dimiliki  beberapa guru. Karena itu, perguruan tinggi dipandang perlu melakukan penguatan kapasitas, mendesain strategi, salah satunya melalui PPG Pra Jabatan yang outputnya dapat lebih berkualitas dan lebih siap serta lebih professional tentunya, ucapnya.

“Banyak peserta PPG Dalam Jabatan yang harus bersabar mengulang  ikut seleksi PPG karena belum berhasil lulus memenuhi passing grade ataupun ada juga yang memang belum kebagian kesempatan mengikuti seleksi, sehingga jumlah calon peserta yang ikut seleksi akademik PPG Daljab selalu banyak setiap tahunnya,” ungkap Amrullah.

Lebih lanjut, Amrullan mengatakan hal  ini yang harus menjadi perhatian Bersama dan harus dipikirkan solusinya untuk dicarikan alternatif skema lain terkait  penyelenggaraan PPG sehingga jumlah calon peserta PPG  segera dapat terselesaikan.

Selain itu, menurutnya  bahwa perlu juga mempersiapkan soal UKMPPG  dan model pembelajaran yang tepat  yang dapat menjadi cara untuk peningkatan kompetensi  kepada seluruh guru yang menjadi mahasiswa PPG. "juga  bagi para calon guru yang saat ini masih menimba ilmu di perguruan tinggi keagamaan Islam," jelas  Amrullah.

Kepala Seksi Bina Guru MI dan MTS, Mustofa Fahmi mengatakan  Penyusunan soal UKMPPG    Tahun 2022 pastinya bertujuan  untuk mengoptimalkan kualitas input mahasiswa yang akan menjadi peserta.

Fahmi menjelasakan bahwa draft regulasi ini dibahas bersama oleh tim teknis yang dibentuk Ditjen Pendidikan Islam. Tim ini terdiri dari para guru besar dan pakar pendidikan.

“Alhamdulillah, saat ini draf regulasi yang menaungi PPG Prajabatan dalam tahap finalisasi, tinggal menunggu waktu untuk dilakukan uji publik,” ujar Fahmi.

“Kita semua berharap, semoga langkah untuk piloting PPG Prajabatan ini bisa terlaksana di tahun 2022 nanti,” harap Fahmi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Kemenag Siapkan Piloting PPG Prajabatan", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

RPP Bahasa Arab MI Terbaru (KMA 183) Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6

    السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Ban...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI