Breaking News

13 November 2021

Kemenag Finalisasi Draft Regulasi PPG Prajabatan, Segera Uji Publik


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 Ùˆ صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Salatiga --- Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan telah berlangsung beberapa tahun. Kini, Kemenag tengah memfinalisasi regulasi penyelenggaraan program PPG Prajabatan.

Draft regulasi ini dibahas bersama oleh tim teknis yang dibentuk Ditjen Pendidikan Islam. Tim ini terdiri dari para guru besar dan pakar pendidikan.

"Alhamdulillah, saat ini draf regulasi yang menaungi PPG Prajabatan dalam tahap finalisasi, tinggal menunggu waktu untuk dilakukan uji publik," terang Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Muhammad Zain saat memberikan sambutan pada Refreshment Dosen/Instruktur PPG yang berlangsung di Salatiga, Sabtu (13/11/2021).

"Kita semua berharap, semoga langkah untuk piloting PPG Prajabatan ini bisa terlaksana di tahun 2022 nanti," harapnya.

Menurut Zain, refreshment ini digelar dalam rangka mengoptimalkan kualitas penyelenggaraan program PPG Dalam Jabatan bagi Guru Madrasah. Untuk itu, ikhtiar meningkatkan kompetensi para guru madrasah terutama yang menjadi mahasiswa PPG Daljab harus terus dilakukan.

"Penguasaan IT menjadi sebuah modal penting bagi guru madrasah untuk bisa mengikuti mata perkuliahan PPG Daljab yang berbasis daring ini," jelasnya.

Zain juga meminta LPTK juga terus memperhatikan kapasitas sumber daya manusia, terutama para dosen dan tim IT. Hal ini urgen untuk meningkatkan sistem penjaminan mutu PPG Daljab di masing-masing LPTK.

"Tanpa peran dosen dan tim IT tidak akan mungkin PPG bisa terlaksana secara maksimal," ucapnya.

"LPTK harus mampu mengantarkan mahasiswa PPG untuk menuntaskan UKMPPG hingga menjadi guru profesional," sambungnya.

Zain mengapresiasi dan mendukung  terbentuknya Forum Ketua Prodi PPG di seluruh PTKIN penyelenggara PPG Daljab. Dia menilai eksistensi Kaprodi sangat strategis dalam mengawal teknis layanan dan konten akademik dalam perkuliahan PPG Daljab secara menyeluruh.

Kepala Seksi Bina Guru MI dan MTs Mustofa Fahmi mengatakan, bahwa pelaksanaan program Refreshment Dosen/Instruktur PPG pada tahun 2021 dilaksanakan dalam tiga Angkatan, meliputi Zona Barat, Zona Tengah, dan Zona Timur. Kegiatan Zona Tengah saat ini, menghadirkan seluruh Ketua Prodi PPG pada 28 PTKIN penyelenggara PPG Daljab.

Fahmi yang juga selaku Sekretaris Panitia Nasional PPG Kementerian Agama memaparkan bahwa melalui kegiatan ini, dilakukan penyusunan soal tryout PPG Daljab bagi para Retaker PPG berbasis HOTS (High Order Thinking Skills) sesuai dengan kisi-kisi yang tercantum di dalam masing-masing modul pembelajaran PPG Daljab. Setiap dosen diminta untuk menyusun minimal 2 butir soal per KB dari setiap modul di masing-masing mata pelajaran bagi guru madrasah dan guru PAI.

Selain itu, lanjut Fahmi, dalam kegiatan ini juga dilakukan evaluasi terhadap konten aplikasi LMS (Learning Management System) PPG secara menyeluruh dan komprehensif. Evalusi diorientasikan untuk  penyempurnaan konten akademik dengan mempertemukan seluruh Kaprodi PPG dengan Tim Pengembang LMS SPACE (Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Kemenag Finalisasi Draft Regulasi PPG Prajabatan, Segera Uji Publik", semoga bermanfa'at.  

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.
Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

Ùˆ ØµÙ„Ù‰ على سيدنا محمد Ùˆ على أله
 Ùˆ صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Undangan Sosialisasi Teknis Penyusunan Proposal Bantuan Pokja Guru dan Tendik Tahun 2024 secara Online

السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI