Breaking News

06 Juli 2024

Contoh Materi MATSAMA 2024 untuk RA, MI, MTs, dan MA


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥

Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) adalah bagian dari rangkaian kegiatan penerimaan peserta didik baru, berfungsi sebagai periode orientasi bagi siswa terhadap lingkungan madrasah atau sekolah mereka. Masa orientasi ini umum di lembaga pendidikan, baik negeri maupun swasta, dan bertujuan untuk membantu siswa baru mengenal lingkungan, norma, dan aspek lain dari madrasah atau sekolah mereka.

Dengan dimulainya tahun ajaran baru 2024/2025, lembaga pendidikan seperti madrasah dan sekolah akan kembali sibuk dengan penerimaan siswa baru di semua jenjang pendidikan, baik RA/TK, MI/SD, MTs/SMP, maupun MA/SMA. Selain itu, siswa juga akan kembali ke aktivitas belajar mengajar setelah libur panjang.

MATSAMA bertujuan untuk memperkenalkan siswa baru pada program, fasilitas, cara belajar, konsep pengenalan diri, dan budaya khas madrasah. “Matsama adalah tahap transisi untuk mempersiapkan mental siswa dalam menghadapi proses pembelajaran di lingkungan baru. Oleh karena itu, kegiatan pengenalan harus edukatif, kreatif, dan menyenangkan, termasuk bagi siswa dengan kebutuhan khusus,”.

Semua kegiatan dalam MATSAMA harus dirancang untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan, membahagiakan, dan tidak menegangkan. Kegiatan ini tidak boleh melibatkan perpeloncoan atau kekerasan; khalwat (berduaan dengan lawan jenis yang bisa memicu perilaku asusila); penggunaan atribut yang tidak relevan dengan pembelajaran; serta aktivitas yang membahayakan keselamatan atau merendahkan martabat manusia. Pelaksanaan MATSAMA harus sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru, serta Petunjuk Teknis dari Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

“Pengenalan lingkungan madrasah harus memberikan kesan pertama yang positif. Jika kesan ini baik, siswa akan menganggap madrasah sebagai tempat belajar yang menyenangkan. Oleh karena itu, penting untuk menghindari praktik perpeloncoan, kekerasan, khalwat, penggunaan atribut yang tidak layak, dan kegiatan lain yang tidak pantas atau berbahaya.”

Materi yang harus disampaikan dalam MATSAMA meliputi beberapa aspek:

  1. Kemadrasahan: Profil madrasah, fasilitas, tata tertib, sistem pembelajaran, dan lainnya.
  2. Penguatan Moderasi Beragama: Nilai-nilai toleransi, cinta terhadap NKRI, anti kekerasan, dan penghormatan terhadap tradisi.
  3. Nilai-nilai Kekhasan Madrasah: Karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah.
  4. Budaya dan Kebiasaan Kehidupan di Madrasah: Menekankan budaya bersih, hidup sehat, dan halal.

“Materi dalam MATSAMA mencakup pengenalan kegiatan rutin madrasah, fasilitas, nilai dan norma, serta tata tertib. Juga penting untuk memperkenalkan nilai-nilai madrasah dan budaya bersih, hidup sehat, serta sikap mandiri dan berprestasi. Selain itu, penting juga untuk menanamkan sikap anti pelecehan dan kekerasan seksual, narkoba, merokok, dan pengkondisian suasana yang anti pergaulan bebas di madrasah.”

Selanjutnya terkait Contoh Materi MATSAMA 2024 untuk RA, MI, MTs, dan MA silakan unduh dibawah ini;




Cek BK164 - TAS SEKOLAH TAS RANSEL ANAK TAS ANAK TAS SEKOLAH ANAK TAS ANAK TK TAS RANSEL SEKOLAH dengan harga Rp169.000. Dapatkan di Shopee sekarang! https://s.shopee.co.id/4VIAf360RM?share_channel_code=1


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Contoh Materi MATSAMA 2024 untuk RA, MI, MTs, dan MA", semoga bermanfaat.
 
Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
Instagram ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
WA 16 ; (Klik DISINI)
Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape


0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Struktur Kurikulum MTs KMA 450 Tahun 2024

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI