Breaking News

06 Juli 2024

Mengungkap Keutamaan Minum Susu pada Malam 1 Muharram

hanapibani.com

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥

Malam 1 Muharram dipandang sebagai waktu yang penuh berkah oleh banyak orang saleh, termasuk Abuya Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki. Beliau rutin meminum susu pada malam ini, sebuah praktik yang memiliki nilai dan keutamaan dalam Islam. Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang keistimewaan meminum susu pada malam 1 Muharram dan bagaimana hal ini dijalankan oleh Abuya Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki.

Dalam tradisi Islam, meminum susu pada malam 1 Muharram memiliki makna yang dalam dan tujuan tertentu. Salah satu manfaatnya adalah Tafa’ulan, yakni berharap kepada Allah agar tahun yang akan datang dipenuhi dengan keberkahan dan kebaikan. Abuya Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki bahkan membagikan susu kepada murid-muridnya setiap kali tiba 1 Muharram sebagai bentuk peringatan atas pentingnya momen ini.

Susu sendiri kaya akan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang manusia. Namun, keistimewaan meminum susu pada malam 1 Muharram tidak hanya berkaitan dengan kesehatan fisik. Dalam Islam, susu dipandang sebagai karunia dari Allah yang diperuntukkan bagi umat Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, doa yang dianjurkan saat meminum susu mencakup permohonan agar Allah menambah keberkahan dari susu tersebut, dengan kata-kata “وزدنا منه” (tambahkanlah keberkahannya kepada kami).

Baik dalam Al-Qur'an maupun hadits Nabi, susu sering disebutkan memiliki keutamaan. Beberapa keutamaan tersebut meliputi:

  1. Mendukung Pertumbuhan Anak: Susu diakui sebagai sumber nutrisi yang penting bagi perkembangan anak. Dengan meminum susu pada malam 1 Muharram, diharapkan akan membawa berkah dan mendukung pertumbuhan fisik serta mental anak-anak.

  2. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi: Susu memiliki kandungan gizi yang lengkap, sehingga dapat memenuhi kebutuhan makan dan minum anak-anak dengan baik.

  3. Baik untuk Pencernaan Anak: Susu dianggap lembut bagi perut anak-anak dan tidak menimbulkan masalah pencernaan. Minum susu pada malam 1 Muharram dipandang sebagai cara yang bijaksana untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan perut mereka.

  4. Mengikuti Sunnah Rasulullah: Mengacu pada peristiwa Isra’ Mi’raj, Nabi Muhammad SAW memilih susu dibandingkan khomr (anggur) saat ditawarkan oleh Malaikat Jibril, menunjukkan pilihan yang sehat dan bersih.

Mengikuti teladan Rasulullah dan Abuya Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki dengan meminum susu pada malam 1 Muharram dapat membawa berkah dan manfaat yang terkandung dalam praktik ini. Semoga amal ini memberi kita keberkahan dalam menjalani tahun yang penuh kebaikan dan kesucian.

Doa Minum Susu pada Malam 1 Muharram

Malam 1 Muharram adalah waktu yang istimewa bagi banyak orang saleh, dan salah satu amalan yang dilakukan adalah meminum susu. Abuya Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki selalu menjalankan amalan ini setiap tahun. Doa yang dianjurkan saat meminum susu pada malam 1 Muharram adalah:

اللهم بارك لنا فيه و زدنا منه

“Artinya: Ya Allah, berkahilah bagi kami susu ini dan tambahkanlah lebih banyak darinya kepada kami.”

Doa ini memiliki makna yang mendalam, mencerminkan rasa syukur kita kepada Allah atas nikmat susu yang diberikan-Nya. Dengan membaca doa ini, kita berharap agar susu yang diminum memberikan manfaat yang lebih bagi tubuh.

Susu kaya akan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang. Dalam Islam, susu juga dianggap sebagai pemberian dari Allah untuk umat Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, kata-kata “وزدنا منه” (tambahkanlah lebih banyak darinya kepada kami) ditambahkan dalam doa sebagai bentuk permohonan agar Allah memberikan keberlimpahan dan berkah dalam konsumsi susu tersebut.

Mengikuti jejak Abuya Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki, kita dianjurkan untuk mengamalkan doa ini setiap kali meminum susu pada malam 1 Muharram. Dengan doa ini, kita mengungkapkan rasa syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan dalam bentuk susu dan mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kesehatan serta menghargai anugerah yang disediakan oleh Allah.


Cek BK164 - TAS SEKOLAH TAS RANSEL ANAK TAS ANAK TAS SEKOLAH ANAK TAS ANAK TK TAS RANSEL SEKOLAH dengan harga Rp169.000. Dapatkan di Shopee sekarang! https://s.shopee.co.id/4VIAf360RM?share_channel_code=1

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "ِMengungkap Keutamaan Minum Susu pada Malam 1 Muharram", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
Instagram ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
WA 16 ; (Klik DISINI)
Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape

0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Struktur Kurikulum MTs KMA 450 Tahun 2024

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI