Breaking News

19 September 2019

Pembina: Beradablah Ketika Membawa dan Membaca Al-Quran


Amuntai (MIN 1 HSU) - “Beradablah ketika membawa dan membaca Alqu’an,” ucap Muhammad Janawi, S.Pd.I dalam amanatnya kepada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Hulu Sungai Utara (HSU) di upacara, Senin (16/09/19) di halaman madrasah.
Dikatakannya, Al-Qur’an adalah salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW dan merupakan pedoman ataupun pegangan hidup umat Islam. “Oleh karena itu kita harus memperhatikan adab-adab terhadap Alqur’an baik ketika membawanya maupun waktu membacanya.
Lebih lanjut disampaikannya, adab ketika membawa Alqur’an adalah dalam keadaan suci baik dari hadats besar maupun hadats kecil, memegang dengan tangan kanan, membawanya harus separas atau sejajar dengan bahu, jangan seperti membawa buku pelajaran, maupun sejenisnya, hendaklah mendekapnya pada dada, badan dalam keadaan bersih, dan memakai pakaian yang menutup aurat.
“Mudah-mudahan dengan beradab terhadap Al-Qur’an akan mendapat berkah baik di dunia maupun di akhirat,” katanya.
Selanjutnya ditambahkannya ketika membaca Alqur’an juga ada adabnya antara lain mengambil tempat yang bersih, menghadap kiblat, disunatkan membaca Alqur’an dalam keadaan suci, dan hendaklah membacanya dalam keadaan khusyu’.
Di akhir amanatnya Muhammad Janawi berpesan agar siswa harus beradab ketika membawa Alqur’an dan waktu membacanya. “Mudah-mudahan dengan beradab terhadap Alqur’an hidup akan tenang, diberikan pahala yang berlipat ganda, dan akan mendapatkan syafa’at dihari kiamat nanti,” harapnya.
Sementara salah satu siswa Mika Hasipa mengatakan akan mematuhi apa yang pembina sampaikan. “Mudah-mudahan dengan beradab ketika membawa dan membaca Al-Qur’an hidup akan berkah dan dicintai Allah,” pungkasnya.

Penulis : Inayati
Foto : Syahriadi
Editor / Redaktur : Hanapi Bani
Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

Kemenag Tingkatkan Kompetensi Guru Bahasa Inggris Madrasah

Sebanyak 50 guru Bahasa Inggris Madrasah Tsnawiyah (MTs) di Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat ikuti pelatihan Peningkatan K...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI