Breaking News

19 July 2020

Download Buku Panduan Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Dalam Belajar (Self Regulated Learning) Anak

Download Buku Panduan Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Dalam Belajar (Self Regulated Learning) Anak

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله و صحبه أجمعين

Keselarasan antara pendidikan di sekolah dan di rumah menjadi kesadaran dan dianggap penting dewasa ini. Pengalaman belajar yang diterima anak di sekolah diharapkan selaras dengan apa yang dialami anak ketika di rumah. Aktifitas pembelajaran dilaksanakan guru di sekolah semestinya selaras dengan apa yang dilakukan orang tua terhadap anak di rumah. Dalam konteks demikian inilah maka pentingnya kajian tentang pendidikan orang tua (parenting education). 

Salah satu unsur penting dalam pendidikan adalah materi-materi yang sangat berkaitan dengan pencapaian tujuan belajar. Oleh karena itu dalam konteks parenting perlu dikaji materi yang relevan dalam pendidikan pengasuhan, yaitu kemampuan orang tua dalam merubah perilakunya, dalam merespon dan memenuhi kebutuhan anaknya, dimana orangtua mau beradaptasi dengan perannya sebagai orang tua secara maksimal, yaitu orang tua mampu menetapkan perilakunya dalam membentuk nilai-nilai, kemampuan, maupun keterampilan yang akan dibangun pada anak mereka. 

Salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki anak salah satunya yaitu self regulated learning atau regulasi diri dalam belajar, yaitu kemampuan anak untuk dapat berperan aktif dalam proses belajarnya, dengan cara menggunakan proses metakognisi, motivasi, dan kontrol perilaku dalam mencapai tujuan belajarnya. Dimana ketika anak sudah memiliki kemampuan meregulasi dirinya dalam belajar, maka anak tersebut memiliki kemandirian dalam kegiatan belajarnya.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, dibuatlah suatu pedoman bagi pelaku pendidikan anak usia dini khususnya orang tua sebagai orang yang paling dekat dan paling berperan bagi anak, yaitu Buku Panduan Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Dalam Belajar (Self Regulated Learning) Anak, khususnya pada anak usia dini yang berada pada fase transisi, yaitu masa sekolah dasar kelas awal yang merupakan fondasi utama dalam menentukan karakter, sikap, dan perilaku masa depannya kelak.

 

Unduh file Buku Panduan Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Dalam Belajar (Self Regulated Learning) Anak dengan klik dibawah ini;
Download Buku Panduan Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Dalam Belajar (Self Regulated Learning) Anak

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi orang banyak.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.

ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته



Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

RPP 1 Lembar Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah (MI) Terbaru Kelas 1 Semester 1

        السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله و صحبه أجمعين Menyikapi begitu banyaknya p...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI