Breaking News

08 Juli 2020

Download RPP Daring, Luring dan Kombinasi Untuk Semua Mapel Tingkat SMP/MTs Kelas 7-9 Masa Pandemi COVID-19

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله و صحبه أجمعين
Pandemi membuat segalanya berubah, maka untuk bisa melakukan pembelajaran tahun ini sekolah/madrasah juga banyak yang belum siap dengan tatanan baru pada dunia pendidikan, akan tetapi paksaan ini yang harus segera dikerjakan.

Adanya pandemi semua sekolah/madrasah menerapkan pembelajaran di rumah dan memanfaatkan media telekomunikasi berupa alat komunikasi dengan mengusung konsep Daring (Dalam Jaringan Online). Semua pembelajaran daring pastinya akan memerlukan koneksi jaringan internet, yang mana tujuannya untuk menghubungkan antara pengguna yang satu dengan pengguna lainnya (server +client).

Rencana dan strategi pembelajaran dituangkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP ini disusun secara khusus untuk menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh yang bisa menggunakan metode Daring (Dalam Jaringan) dan metoda Luring (Luar Jaringan).
Berikut ini adalah beberapa alternatif pelaksanaan Pembelajaran secara online dengan menggunakan beberapa aplikasi:

1. E-learning Madrasah
E-learning Madrasah adalah sebuah aplikasi gratis produk Madrasah yang ditujukan untuk menunjang proses pembelajaran di Madrasah dari mulai Raudatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), agar lebih terstruktur, menarik dan interaktif.
E-learning Madrasah memiliki 6 role akses diantaranya :
  • Operator Madrasah (Administrator)
  • Guru Mata Pelajaran
  • Guru Bimbingan Konseling
  • Wali Kelas
  • Siswa
  • Supervisor (Kepala Madrasah dan jajarannya)

2. Video Conference

Guru bisa menggunakan aplikasi video coference untuk berkomunikasi dengan peserta didik. Aplikasi yang dapat digunakan untuk video conference antara lain:

  1. ZOOM
  2. Webex
  3. Meet Google

3. Whatsapp

Melalui Media Whatsapp dianggap cukup efektif karena hampir seluruh siswa memiliki whatsapp untuk berkomunikasi , jadi cukup ideal untuk digunakan sebagai media komunikasi dalam pembelajaran

4. Youtube

Youtube merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh google yang berisi menampung video yang dibuat oleh kreator yang selanjutnya dapat dibagikan kepada peserta didik. selain itu youtube juga memiliki live streaming yang dapat ditonton langsung oleh peserta didik. 

5. Facebook

Facebook merupaka aplikasi sosial media yang  menyediakan fitur siaran langsung. Satuan pendidikan yang melakukan pembelajaran secara Online dapat memanfatkan fitur siarang langsung berupa video yang dapat ditonton langsung oleh peserta didik.

Contoh RPP daring dapat dilihat di website Kemendikbud pada link https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/  , beberapa Contoh RPP bisa di Amati , tiru dan modifikasi (ATM) disesuaikan dengan kekhasan daerah masing masing.
Berikut kami berikan link untuk download contoh RPP, baik secara daring, luring maupun secara kombinasi untuk semua mata pelajaran dari kelas 7 (tujuh) sampai kelas 9 (sembilan):
- RPP (Daring,Luring & Kombinasi) SMP/MTs Kelas 7
RPP (Daring,Luring & Kombinasi) SMP/MTs Kelas 8
- RPP (Daring,Luring & Kombinasi) SMP/MTs Kelas 9

Sebagai contoh, berikut kami lampirkan salah satu contoh RPP daring fikih untuk kelas 9:

Akhirnya kami selaku penulis artikel memohon masukan demi kemajuan website ini. Terimakasih atas kunjungannya, semoga dapat menjadi ladang amal bagi kita semua.

ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Undangan Sosialisasi Teknis Penyusunan Proposal Bantuan Pokja Guru dan Tendik Tahun 2024 secara Online

السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI