Breaking News

16 July 2020

Download Buku “Alternatif Penjabaran Materi Esensi PAI, Karakter, dan Life Skill pada Pembelajaran RA di masa Pandemi Covid-19"

Download Buku “Alternatif Penjabaran Materi Esensi PAI, Karakter, dan Life Skill pada Pembelajaran RA di masa Pandemi Covid-19"
السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله و صحبه أجمعين

Aktifitas belajar dan mengajar merupakan sebuah proses panjang. Proses seumur hidup, yang dimulai sejak manusia itu lahir hingga ajal menjemput. Baik itu dilaksanakan secara formal, maupun non-formal. 

Dari proses panjang inilah terjadi sosialisasi dan transmisi pengetahuan, budaya, keterampilan, pengembangan pribadi, perubahan sekaligus inovasi seseorang (Ballantine, 2001). Sehingga hasilnya diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan dan perkembangan umat manusia secara keseluruhan. 

Menyambut Tahun Ajaran baru 2020/2021, dunia pendidikan di Indonesia, termasuk Madrasah dihadapkan pada situasi yang berbeda dari sebelumnya. Akibat pandemi Covid-19, Madrasah terus berupaya melakukan berbagai terbosan kreatif-inovatif agar proses pembelajaran tetap berjalan. Meski model dan suasananya berbeda, tetapi substansi dan tujuan dasar pembelajaran tidak boleh terlewatkan.

Hadirnya buku berjudul, “Alternatif Penjabaran Materi Esensi PAI, Karakter, dan Life Skill pada Pembelajaran RA di masa Pandemi Covid-19”, merupakan salah satu bentuk terobosan kreatif dan inovatif untuk proses pembelajaran di lingkungan Madrasah. 

Buku ini menjabarkan dan menterjemahkan SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 20120 tentang Panduan Kurikulum Darurat pada Madrasah dan Surat Keputusan Bersama 01/ KB/2020, Nomor 516 Tahun 2020, Nomor HK.03.01/Menkes/363/2020 dan Nomor 440-882 tentang panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Covid-19. 

Penjelasan dalam buku untuk memberikan alternatif implementasi materi-materi esensi seperti yang tertuang pada kedua SK tersebut pada penyusunan perencanaan pembelajaran di Raudhatul Athfal pada masa pandemik covid-19.

Buku ini tidak hanya berisi materi teoritis, tetapi juga panduan praktis terkait materi pendidikan agama Islam, pendidikan karakter, pendidikan life skill, dan dilengkap dengan model penyusunan dokumen rencana pembelajaran hingga evaluasi hasil pembelajaran. 

Melalui buku ini terlihat bahwa kreatifitas dan inovasi menjadi hal yang sangat dibutuhkan bagi dunia pendidikan di Indonesia saat ini. Kreatifitas dan inovasi yang ada harus disertai dengan kerjasama antara lembaga Madrasah, guru, orangtua dan masyarakat sekitar. Agar substansi pembelajaran tercapai secara optimal. Yakni, menjadikan peserta didik sebagai insan yang berkarakter. 

Insan yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kuat dalam hal spiritual. Inilah model generasi “hebat-bermartabat”; generasi yang tidak mudah lupa akan jati dirinya di tengah derasnya arus perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. 

Madrasah, sebagai lembaga pendidikan Islam, hari ini telah banyak berbenah. Baik dalam merespon perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, maupun yang secara khusus merespon pandemi Covid-19. Madrasah akan selalu membekali anak didiknya dengan pendidikan mental-spiritual sebagai bagian integral dalam kurikulum pendidikan Madrasah. 


Download Buku “Alternatif Penjabaran Materi Esensi PAI, Karakter, dan Life Skill pada Pembelajaran RA di masa Pandemi Covid-19"

Walhasil, hadirnya buku ini dapat menjadi spirit optimisme masa depan pendidikan Islam di Indonesia, dalam rangka mencetak generasi “Hebat-Bermartabat”. Generasi yang pada masa mendatang, diharapkan mampu menjaga dan mengembangkan diri, sesama, dan lingkungan sekitarnya menjadi lebih baik.  

ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

Medali Perak Kompetisi Astronomi Internasional Diraih Siswa MAN 2 Malang

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين S iswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI