Breaking News

05 Juli 2020

Hukum Bermazhab pada Masa Sekarang?



Soal    : Wajibkah bagi umat Islam mengikuti salah satu dari empat mazhab?

Jawab : 
Pada masa sekarang, wajib bagi umat Islam mengikuti salah satu dari empat mazhab yang tersohor dan aliran mazhabnya telah dikodifikasikan (mudawwam).
Empat mazhab itu adalah :
  1. Mazhab Hanafi
    Yaitu mazhab Imam Abu Hanifah al-Nu'man bin Tsabit, (Lahir di Kufah pada tahun 80 H. dan meninggal pada tahun 150 H.)
  2. Mazhab Maliki
    Yaitu Mazhab Imam Malik bin Anas bin Malik, (Lahir di Madinah pada tahun 90 H. dan meninggal pada tahun 179 H.)
  3. Mazhab Syafi'i
    Yaitu mazhab Imam Abu Abdillah bin Idris bin Syafi'i, (lahir di Ghozzah pada tahun 150 H. dan meninggal pada tahun 204 H.)
  4. Mazhab Hambali
    Yaitu mazhab Imam Ahmad bin Hanbal, (lahir di Marwaz pada tahun 164 H. dan meninggal pada tahun 241 H.)
Keterangan:
Dari kitab Al-Mizan Al-Sya'rani Fatawi Kubra dan Nihayatussul:

كان سيدي علي الخواص رحمه الله إذا سأله إنسان عن التقيد بمذهب معين الان. هل هو واجب أو لا. يقول له يجب عليك التقيد بمذهب  ما دمت لم تصل إلى شهود عين الشريعة الأولى خوفا من الوقوع فى الضلال و عليه عمل الناس اليوم. (الميزان الشعرانى)
Artinya;
Jika tuanku yang mulia Ali al-Khawash r.h. ditanya oleh seseorang tentang mengikuti mazhab tertentu sekarang ini, apakah wajib atau tidak? Beliau berkata: "Anda harus mengikuti suatu mazhab selama Anda belum sampai mengetahui inti agama, karena khawatir terjatuh pada kesesatan". Dan ia harus melaksanakan apa yang dilaksanakan oleh orang lain sekarang ini.
و بأن التقليد متعين للأئمة الأربعة. وقال لأن مذاهبهم إنتشرت حتى ظهر تقليد مطلقها و تخصيص عامها بخلاف غيرهم (الفتواي الكبرى فى باب القضاء في الجزء الرابع)
Sesungguhnya bertaklid (mazhab suatu mazhab) itu tertentu kepada imam yang empat (Maliki, Syafi'i, Hanafi, Hanbali), karena mazhab-mazhab mereka telah tersebar luas sehingga nampak jelas pembatasan hukum yang bersifat mutlak dan pengecualian hukum yang bersifat umum, berbeda dengan mazhab-mazhab lain.
قال صلى الله عليه و سلم "إتبعوا السواد الأعظم". ولما إندرست المذاهب الحقة بانقراض أئمتها إلا المذاهب الأربعة التى انتشرت أتباعها كان اتباعها اتباعا للسواد الأعظم والخروج عنها خروجا عن السواد الأعظم. (سلم الأصول شرح نهاية السول, الجزء الرابع)
Nabi Saw. bersabda: "Ikutilah mayoritas (umat Islam)". Dan ketika mazhab-mazhab yang benar telah tiada, dengan wafatnya para imamnya kecuali empat mazhab yang mengikutinya tersebar luas, maka mengikuti mazhab empat tersebut berarti mengikuti mayoritas, dan keluar dari mazhab empat tersebut berarti keluar dari mayoritas.
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Soal UTS/PTS Bahasa Arab Semester 2 Kelas 3 MI Sesuai KMA 183

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI