Breaking News

14 July 2020

Komang Sri Marheni, Perempuan Pertama Pimpin Kanwil Kemenag Bali

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله و صحبه أجمعين

Jakarta (Kemenag) --- Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Bali menorehkan sejarah baru. Untuk kali pertama, institusi pemerintah yang melayani umat di bidang agama dan kegamaan di Pulau Dewata itu dinahkodai seorang perempuan.

Adalah Komang Sri Marheni. Ia menjadi sosok perempuan pertama itu. Namanya bukanlah sosok baru di ranah Keluarga Besar Kementerian Agama. Ibu dua anak ini beberapa kali mengharumkan nama Kementerian Agama lewat inovasi dan kerja keras membangun Kementerian Agama. 

Pada awal tahun 2020, ia menorehkan prestasi dengan berhasil meraih penghargaan sebagai tokoh inspiratif dan inovatif pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama Tahun 2020.

Ia pun pernah meraih prestasi, apresiasi dan anugerah dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB) yakni memperolah Anugerah Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Tahun 2018 saat memimpin Kantor Kementerian Agama Kota Denpasar. Menebarkan spora perubahan ke arah perbaikan positif di lingkungan kerja menjadi hal utama dilakukan Marheni dan jajarannya dalam membangun zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan bersih melayani. 

Spora perubahan itu sebenarnya sudah ia tebarkan pada tahun 2010, saat menjabat Kakankemenag Kabupaten Karangasem. Hasilnya pada 3 September 2014, Kankemenag Karangasem ditetapkan sebagai pilot project zona integritas dan meraih hasil audit kinerja oleh Tim TPI Itjen Kemenag RI dengan nilai 84,673 dan masuk kategori berhasil.

Saat ini dari 34 Kantor Wilayah Kementerian Agama yang tersebar di Indonesia,  Marheni menjadi sosok perempuan satu-satunya yang menahkodai Kanwil Kemenag di bawah kepemimpinan Menag Fachrul Razi.   

"Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena semua ini memang sudah kehendak Beliau. Dan ini menjadi amanah besar buat saya untuk bisa membuktikan bahwa perempuan juga bisa memimpin dengan baik," ujar Komang Sri Marheni kepada Humas, Selasa (14/07). 

"Saya berharap dapat menginspirasi buat semua masyarakat bahwa jika kita berjuang bekerja keras dalam mencapai prestasi, maka kita bisa menggapai apa yang kita impikan. Karena semua berhak meraih impian baik itu laki laki ataupun perempuan," sambung perempuan kelahiran Buleleng, 9 Oktober 1965 ini. 

Wujudkan Kanwil Kemenag Bali 'Berbaju Puith' 

Sri Marheni dilantik Menteri Agama Fachrul Razi melantik bersama 19 pejabat eselon II, delapan pejabat di antaranya dilantik secara daring (dalam jaringan) dari Auditorium HM Rasjidi Kantor Kemenag Jalan MH Thamrin Jakarta pada Jumat (10/07).

Pelantikan Sri Marheni dan pengambilan sumpah dilakukan secara virtual dipusatkan di Universitas Hindu Negeri Bagus Sugriwa Denpasar dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Yang akan saya dilakukan dalam membangun Kanwil Kemenag Bali adalah menjadikan Kanwil Kemenag Bali berbaju putih bersih dalam bekerja sehingga pantas menjadi wilayah berpredikat WBK," ujar Marheni.

Bagi Marheni, menjadikan Kanwil Bali menuju wilayah berpredikat WBBM pada tahun 2021 adalah tekad yang akan ia raih bersama jajarannya dengan membawa perubahan besar di Kemenag Bali

"Kami siap menjadikan masyarakat Bali sebagai contoh kerukunan umat beragama di dunia yang harmonis dan religius," tandasnya.

ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Sumber : -
Penulis : benny andriyos
Editor : Khoiron

Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

RPP 1 Lembar Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah (MI) Terbaru Kelas 1 Semester 1

        السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله و صحبه أجمعين Menyikapi begitu banyaknya p...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI