Breaking News

05 Desember 2021

Contoh Skenario Pembelajaran Literasi Numerasi Tingkat Kemahiran Perlu Ruang Kreasi



السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Berikut kami bagikan sebuah contoh Skenario Pembelajaran Literasi Numerasi dengan tingkat Kemahiran  Perlu Ruang Kreasi.

PENDAHULUAN

APERSEPSI

bertujuan untuk mengecek kesiapan peserta didik, apakah telah memiliki pengetahuan awal (pre-knowledge) yang diperlukan untuk memasuki pengetahuan baru berikutnya.

Contoh;

Anak-anak…

Coba perhatikan di sekitar kita, di sekolah, dirumah, atau di lingkungan tempat kalian tinggal.
Berapa lama bus sekolah di perjalanan mulai dari berangkat menjemput kalian dan kembali lagi sampai di sekolah?

Berapa bahan bakar yang dibutuhkan?
Berapa ongkos yang ditetapkan untuk tiap-tiap anak sehingga dapat menutupi biaya operasional, bahan bakar, dan keuntungan yang diinginkan?

MOTIVASI 

bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran peserta didik, bahwa apa yang akan dipelajari adalah sesuatu penting dan bermanfaat, sehingga tercipta suasana pembelajaran yang bermakna.

Contoh :

Anak-anak…

Nah, untuk dapat menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari seperti yang bapak sampaikan sebelumnya, maka hari ini kita akan membahas topik geometri dan pengukuran.

KEGIATAN INTI

SIMULATION

Guru memberikan contoh masalah kontekstual di kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan geometri dan pengukuran. Kemudian meminta peserta didik memberikan contoh lain di kehidupan mereka sehari- hari. Guru memberikan ruang yang seluas-luasnya untuk peserta didik menjelaskan dan berdiskusi dengan yang lain.

IDENTIFIKASI MASALAH

Guru membahas contoh yang diberikan oleh peserta didik terkait kontekstual dari materi geometri dan pengukuran. Kemudian membimbing peserta didik merumuskan hipotesis mereka terhadap materi geometri dan pengukuran.

PENGUMPULAN DATA

Guru mengarahkan peserta didik untuk mencari dan menemukan berbagai informasi dari berbagai sumber yang relevan, seperti: studi literatur, wawancara, observasi, dan sejenisnya. Menganalisis data yang mereka temukan untuk melakukan uji coba sendiri menjawab benar- tidaknya hipotesis yang mereka rumuskan.

PENGOLAHAN DATA

Guru membimbing peserta didik memeriksa dengan cermat data yang mereka kumpulkan. Menghubungkan hipotesis yang mereka rumuskan dengan temuan alternatif mereka dan hasil pengolahan data terkait kontekstual materi geometri dan pengukuran dalam kehidupan sehari-hari.

PEMBUKTIAN

Guru mengarahkan peserta didik melakukan analisis mendalam terhadap hasil pengolahan data dan temuan alternatif, untuk kemudian menghubungkannya dengan hipotesis yang mereka rumuskan.

PENARIKAN KESIMPULAN

Guru membimbing siswa membuat kesimpulan dan apakah kesimpulan mereka berlaku umum untuk setiap kasus dan objek sekitar, dengan menghubungkan dengan hasil pengolahan data dan temuan alternatif yang mereka peroleh.

KEGIATAN PENUTUP

LEMBAR REFLEKSI

Anak-anak…

Kalian sudah mendiskusikan dan menyelesaikan masalah kontekstual geometri dan pengukuran. Sekarang tuliskan pendapat kalian mengenai materi dan permasalahan kontekstual yang telah dibahas.

REFLEKSI PESERTA DIDIK

Anak-anak…

Kita sudah selesai mendiskusikan hasil kerja kelompok hari ini. Sekarang siapa yang bersedia memberikan pendapat untuk materi kita hari ini dan permasalahan kontekstual yang telah banyak kita utarakan?

TUGAS PROJEK

Anak-anak…

Perhatikan lagi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari terkait konteks geometri dan pengukuran. Buatlah analisis untuk memecahkan persoalan tersebut.

Unduh File;


silakan mengunduh file diatas silakan klik dibawah ini;


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang 
"Contoh Skenario Pembelajaran Literasi Numerasi Tingkat Kemahiran  Perlu Ruang Kreasi", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

RPP Bahasa Arab MI Terbaru (KMA 183) Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6

    السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Ban...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI