Breaking News

08 Oktober 2019

Download Gratis Aplikasi Kisi-Kisi Soal dan Analisis (AKSAN) Penilaian K13 MI/SD

www.hanapibani.com

Assalaamu'alaikum Sahabat www.hanapibani.com

"Kisi-kisi" adalah suatu format berupa matriks yang memuat informasi yang dijadikan pedoman untuk  menulis soal atau merakit soal menjadi suatu tes. Kisi-kisi berisi ruang lingkup dan isi materi yang akan diujikan. Tujuan penyusunan kisi-kisi adalah untuk menentukan ruang lingkup dan sebagai petunjuk dalam menulis soal.


Sedangkan "Analisis" butir soal adalah suatu kegiatan analisis untuk menentukan tingkat kebaikan butir-butir soal yang terdapat dalam suatu tes sehingga informasi yang dihasilkan dapat kita pergunakan untuk memperbaiki butir soal dan tes tersebut.


Sebelum melaksanakan penilaian atau tes tertulis, guru tentunya perlu menentukan Kompetensi Dasar yang akan di ujikan, membuat kisi-kisi soal, menentukan penilaianya, menyusun naskah soal lengkap dengan kunci jawabanya. Setelah melaksanakan penilaian guru harus memeriksa jawaban siswa, melakukan analisis baik perbutir soal maupun analisis per-KD sehinga akan dapat menentukan hasil nilai yang di peroleh siswa untuk kemudian melakukan tindak lanjut atas hasil yang dicapai tersebut.

Dalam rangka untuk mempermudah pendidik dalam merencanakan, melaksanakan, menganalisis dan melakukan tindak lanjut atas penilaian yang harus dilakukan, rekan kita seorang guru Madrasah Ibtidaiyah beliau Bapak Hamzah Sangaji (Guru MIS Wuled Tirto Kabupaten Pekalongan - Jawa Tengah) telah membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi yang diberi nama Aplikasi Kisi-Kisi Soal dan Analisis yang kemudian disingkat dengan AKSAN. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memetakan Kompetensi dasar yang akan di nilai, membuat kisi-kisi, dan mempermudah pendidik dalam melakukan analisis hasil penilaian.


Dengan menggunakan AKSAN maka pendidik tidak perlu lagi menuliskan Kompetensi Dasar lagi karena didalamnya telah dilengkapi dengan Kompetensi Dasar Baik untuk muatan Pelajaran Tematik maupun muatan pelajaran PAI dan Bahasa Arab. Selain itu dalam aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan pemetaan KD, Daftar Kata Kerja Operasional (KKO) dan juga sedikit panduan bagaimana langkah-langkah menyususn soal Higher Order Thingking Skills (HOTS).
UNDUH AKSAN MI/SD

Bagi rekan-rekan yang berminat untuk menggunakan AKSAN, silahkan unduh pada tautan di atas dan yang pasti aplikasi ini dapat digunakan secara gratis. Selain dapat digunakan oleh Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) aplikasi ini juga dapat digunakan oleh Guru SEkolah Dasar (SD) baik oleh guru kelas maupun guru PAI SD.

Demikian informasi dan sedikit berbagi dari kami mengenai Aplikasi Kisi-Kisi Soal dan Analisis (AKSAN) Penilaian untuk MI/SD, selamat menggunakan semoga aplikasi dan sedikit tulisan ini ada manfaatnya.

Jangan lupa juga bagikan buat Sahabat lainnya jika ini dianggap baik, moga pendidikan di Negara kita bisa semakin baik......
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Link Delapan Pelatihan Di Pintar Kemenag Periode Daftar 22 - 24 April 2024, Pelaksanaan 25 - 29 April 2024.

السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Ban...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI