Breaking News

04 Oktober 2019

Kemenag Susun Kisi-Kisi Soal USBN Pendidikan Agama Islam

www.hanapibani.com

Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama mulai menyusun kisi-kisi soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)  untuk mata pelajaran PAI. Kegiatan yang berlangsung 1-3 Oktober 2019, ini diikuti perwakilan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP.
Direktur PAI Rohmat Mulyana berharap USBN PAI terus ditingkatkan. Untuk itu perlu koordinasi dan kerjasama yang baik antara Kementerian Agama Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dengan Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota.
Rohmat menyatakan bahwa PAI di sekolah mempunyai peran strategis dalam pengembangan sistem pendidikan nasional di Indonesia dan peningkatan mutu sumber daya manusia. Oleh karenanya untuk mengetahui mutu pendidikan agama Islam yang dilaksanakan di sekolah secara nasional, maka perlu dilakukan evaluasi yang menyeluruh terhadap hasil pembelajaran peserta didik melalui USBN.
Rohmat menilai, ada tiga hal yang perlu dibenahi untuk perbaikan pelaksanaan USBN ke depan. Pertama, penataan data peserta yang terkoneksi ke semua sistem penyelenggra, baik pusat maupun daerah. Kedua, dukungan dana yang memadai. "Dan ketiga, penguatan pelaporan hasil atau report dari satuan pendidikan penyelenggara," terang  Rohmat di Tangerang, Rabu (02/10).
Hadir sebagai narasumber, anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Imam Tolkhah mengapresiasi keterlibatan Kemenag dalam penyelenggaraan USBN. Menurut Imam yang juga pernah menjabat sebagai Direktur Pendidikan Agama Islam Sekolah tahun 2006-2011, Kementerian Agama bahkan lebih awal menyelenggarakan USBN, yaitu sejak 2010. Sedangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, baru menyelenggarakan di tahun 2015.
"Urgensi USBN, selain meningkatkan mutu PAI juga kesetaraan dengan mata pelajaran lainnya. Kementerian Agama agar memperkuat koordinasi dengan Dinas Pendidikan dalam pelaksanaan USBN ke depan," pesannya.
Agus Sholeh Kasubdit PAI pada SMP Agus Sholeh menambahkan, agar MGMP memaksimalkan fungsinya membantu penyelenggaraan USBN sekaligus menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan program PAI lainnya. 
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Info Pelatihan Di Pintar Kemenag Periode Daftar 22 - 24 April 2024

       السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi B...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI