Breaking News

03 Oktober 2019

Pentas Pendidikan Agama Islam Nasional Digelar Mulai 9 Oktober


Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan menggelar Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) Tingkat Nasional IX tahun 2019, mulai 9-14 Oktober mendatang. Diperkirakan, 1.054 siswa mulai dari jenjang SD hingga SMU/SMK disertai dengan 272 pendamping akan menghadiri kegiatan yang digelar di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan.
"Ini merupakan wahana kompetisi antar peserta didik  jenjang SD, SMP hingga SMA/SMK dalam keterampilan dan seni islami," ujar Direktur Pendidikan Agama Islam  Rahmat Mulyana, Rabu (02/09) siang. 
Dalam kegiatan yang mengusung tema “Keberagamaan Generasi Milenial Yang Moderat” ini, akan dibuka 10 cabang lomba. Lomba yang akan dipertandingkan adalah:  Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), pidato, Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), Cerdas Cermat, Kaligrafi, Nasyid, Debat PAI, Kreasi Busana, Penulisan Cerita Remaja Islami, dan Lomba Karya Ilmiah Remaja.
Lebih lanjut, Rohmat menuturkan, Pentas PAI diharapkan mampu menciptakan tradisi kegiatan keagamaan peserta didik yang relevan dan kontekstual. Di sini pula, para peserta yang mayoritas adalah pengurus organisasi Rohis (Rohani Islam) di sekolah masing-masing, mendapatkan pengalaman bagaimana seharusnya cara ber-Islam yang moderat.
"Gairah keagamaan remaja harus disalurkan sesuai dengan proporsi dan tahapan usianya dengan aktifitas yang membawa kebaikan (maslahah) bukan aktifitas yang mendatangkan banyak kerusakan (mafsadat)," imbuh Rohmat.
Desain kegiatan ini adalah internalisasi nilai-nilai ajaran Islam sehari-hari dalam bentuk lomba. "Ide-ide pluralisme akan masuk dalam tema-tema perlombaan seperti dalam lomba pidato, debat, nasyid, dan cerdas cermat," kata Rohmat.
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Soal UTS/PTS Bahasa Arab Semester 2 Kelas 5 MI Sesuai KMA 183

  السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani ....

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI